Google search engine
BerandaAceh SportKejuaraan Catur BKD Internasional Junior Fide Rating Banten, Pecatur Aceh Al Mubarok...

Kejuaraan Catur BKD Internasional Junior Fide Rating Banten, Pecatur Aceh Al Mubarok Sementara Masih Unggul

MEDIANADNEWS.COM: Pecatur Aceh Jalaludin Al Mubarok untuk sementara memimpin peringkat Kejuaraan Catur BKD Internasional Junior yang sedang berlangsung di Universitas Gunadarma Gading Serpong, Kelapa Dua, Banten.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Percasi Aceh H Ihsanuddin MZ di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan pada kejuaraan FIDE rating chess tournament tersebut, Jalaludin Al Mubarok hingga babak ke empat berhasil mengumpulkan nilai 4 MP.

“Aceh hanya menurunkan seorang atlet catur untuk bermain di kejuaraan berlebel internasional yang diikuti 174 peserta dari tiga negara yaitu Malaysia, Philipine dan tuan rumah Indonesia,” kata Ihsanuddin, lewat siaran Pers Humas Perprov Percasi Aceh, yang diterima awak media, Sabtu (28/01) malam.

Menambahkan,hingga babak empat kejuaraan memainkan catur standar atau klasik sembilan babak ini, pada Sabtu (28/1) siang, Jalaludin Al Mubarok dengan elo rating FIDE 1951 berhasil meraih empat kemenangan atau poin penuh atas lawan-lawannya.

Di babak pertama yang berlangsung, Jumat kemarin, Jalaludin Al Mubarok yang akrab disapa Leo menaklukkan atlet asal Banten, Beta Devdan Yusouf Maulana. Leo yang memegang buah Putih terlihat begitu stabil dan kokoh dalam penyerangan dan pertahanan sehingga mampu menuntaskan pertarungan, kata Ihsanuddin.

Setelah sukses mengemas 1 MP di babak pertama, Leo semakin mantap dan padu permainannya, sehingga di dua babak selanjutnya mampu meraih kemenangan secara beruntun di hari yang sama pada kejuaraan tersebut.

Di babak kedua, Leo meraih kemenangan atas pecatur Indonesia lainnya asal Sulawesi Utara, Lumunon Braveheart Honoris Cristian, yang memiliki elo rating FIDE 1045.Sedangkan di babak ketiga, Leo mengandaskan ambisi pecatur Malaysia WCM Chua Jia Tien (1734) lewat pertarungan ketat dan sengit.

Di babak keempat Leo mendapat tantangan dari juara dunia U-10 asal Jawa Barat WFM Edithso Samantha (1792). Mereka sama-sama mengantongi nilai 3 MP.

ALOT

Pertarungan kedua pecatur di meja atas ini berjalan alot dan menguras tenaga, pikiran serta waktu yang disediakan. Selama tiga jam bertarung akhirnya Leo mampu menuntaskan pertandingan.

“Melalui langkah Rd3, Leo memaksa Samantha harus melepas bidak b3, sehingga menyerah kalah. Hasil koleksi 4 MP dari 4 babak tersebut, Leo sementara memimpin bersama lima pecatur lainnya,” kata Ihsanuddin Di babak kelima, Jalaludin Al Mubarok yang akrab disapa Leo akan berhadapan dengan Tan Steven (1683) pecatur andalan DKI Jakarta yang juga nilai 5 MP.

Kejuaraan internasional tersebut menyediakan hadiah total Rp65 juta berlangsung selama tiga hari memainkan catur standar sembilan babak hingga 29 Januari 2023, jelasnya. (*)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Most Popular

Recent Comments