KitaKawan: Wakil Menteri Agama Ajak Masyarakat Tumbuhkan Persatuan

0
237
Google search engine

Google search engine

MEDIANADNEWS.COM-Kerukunan Kampanye KitaKawan diluncurkan hari ini oleh Wakil Menteri di Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama), Yang Terhormat Senator Dr. Zulkifli Hasan bertujuan mengajak masyarakat untuk mengesampingkan perbedaan dan mengutamakan keharmonisan berbagai ras di negeri ini.

Peluncuran ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, persatuan, dan keharmonisan melalui dialog dan advokasi.

Dialog di Kompleks Islam, Putrajaya ini melibatkan 40 perwakilan koalisi yang mencakup sekitar 300 lembaga swadaya masyarakat (LSM), di antaranya Perhimpunan Cendekiawan Malaysia, Pemuda Islam Malaysia (ABIM), Dewan Pemuda Malaysia (MBM), Pertubuhan Ikram Malaysia , Komite Koordinasi Sekutu LSM Islam (ACCIN), dan Kelompok Persahabatan Layanan Antar Umat Beragama.

Dialog tersebut bertujuan untuk mendengarkan pandangan dan gagasan dari berbagai organisasi yang hadir untuk memperkuat persatuan di negeri ini. Inisiatif yang akan dilaksanakan sebagai hasil pertemuan tersebut antara lain adalah dengan mengadakan lebih banyak sesi yang sama secara berkala di masa mendatang selain segera mengatasi permasalahan persatuan yang muncul.

Almarhum Prof. Dato’ Dr. Siddiq Fadzil (Presiden ABIM kedua) menekankan betapa pentingnya nilai-nilai Islam untuk berperan sebagai pemimpin pendekatan wasatiyyah dalam praktik hidup bersama dalam budaya damai (peaceful coexistence).

Kesepakatan yang dicapai melalui dialog tersebut, katanya, adalah pertemuan rutin untuk membahas isu-isu yang berkaitan dengan keharmonisan. “Kami sepakat untuk melanjutkan dialog yang memupuk persatuan dan juga mengadakan pertemuan rutin untuk membahas isu-isu terkini dan cara mengatasinya.

” Kami akan membawa masalah ini ke Kementerian Persatuan, dan agama (kantor menteri di JPM), untuk membawa solusi. kesamaan narasi sehingga inisiatif ini bersifat kolektif dan bersama-sama,” ujarnya.

Peran yang akan diambil dalam sesi dialog tersebut antara lain membina advokasi terhadap isu-isu yang terjadi, seperti kaos kaki bertuliskan Allah dan penyerangan di beberapa lokasi KK Mart. Biarkan aparat yang melakukan (penyelidikan) tapi advokasi aspek kesadaran, pemahaman, dan kerja sama kita lakukan dalam menghadirkan narasi persatuan. Kita sepakat untuk menyampaikan pesan kerukunan antar umat beragama, itu yang penting, imbuhnya.(gus)

Google search engine
Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini